Kapal Roro Ihan Batak untuk Wisata Danau Toba Diresmikan, Ini Spesifikasinya


Suara Rakyat - 
Kapal Roro Motor Penumpang (KMP) Ihan Batak baru saja diresmikan untuk mengoptimalkan wisata Danau Toba di Sumatera Utara. Peresmian dilakukan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan serta Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.
KMP Ihan Batak melayani rute Ajibata - Ambarita. Untuk spesifikasinya, kapal ini mempunyai volume 300 GT.
Kapal dibekali mesin induk yang menyemburkan tenaga 2x800 hp. Kapal ini berkapasitas penumpang 280 orang, kendaraan campuran sebanyak 32 unit, serta ABK 10 orang.
Waktu pembuatan KMP Ihan Batak sendiri selama 15 bulan, yakni dari Agustus 2017 - November 2018 dan akan dioperasikan oleh PT. ASDP.
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitanmengatakan Kapal Roro Motor Penumpang (KMP) Ihan Batak merupakan bentuk perhatian pemerintah akan wisata yang ada di Danau Toba.
"Saya ucapkan terima kasih kepada Kementerian Perhubungan khususnya Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang terus berkomitmen untuk meningkatkan konektivitas dan keselamatan transportasi yang ada di wilayah Danau Toba ini," ujarnya saat meresmikan KMP Ihan Batak di Pelabuhan Penyeberangan Ajibata, Sabtu (2/3) dilansir dari laman resmi Kemenhub.
Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan KMP Ihan Batak merupakan bukti komitmen pemerintah mewujudkan konektivitas dan keselamatan, agar masyarakat dan wisatawan mudah menuju Danau Toba dan Pulau Samosir.
"Dari Bandara Silangit bisa naik Damri secara gratis menuju Pelabuhan Penyeberangan Ajibata kemudian dari Pelabuhan Ajibata bisa menggunakan KMP Ihan Batak menuju Pulau Samosir. Ini merupakan komitmen dari Kementerian Perhubungan untuk meningkatkan konektivitas dan keselamatan," ucap Menhub Budi Karya.

Sumber : Akurat.co

Komentar