Apa Mungkin 4 Hal Ini Penyebab Bisnismu Terus-terusan Gagal?

Suara Rakyat - Terjun di dunia usaha memang tak segampang yang dipikirkan saat mempunyai angan-angan. Harapan bisnis  kita terjual dengan baik di masyarakat ternyata tidak segampang yang dikira.
Ada yang baru buka setahun, usahanya sudah macet dan bahkan mengalami kemunduran. Kemudian pemain lama dan besar kini juga diterpa masalah kebangkrutan, contohnya Giant yang banyak tutup toko dan baru-baru ini isu ratusan karyawan Bukalapak kena PHK.
Pertanyaan apakah ekonomi Indonesia melesu sehingga masyarakat tidak punya daya beli? Jawabnya tidak juga begitu. Penyebab utamanya karena persaingan, dan inovasi membuat dunia bisnis abad 21 semakin cepat. Dan yang paling mendasar adalah kesalahan bisnis di internal yang menjadi penyebab utama kegagalan.
Nah, untuk itu bagi usaha atau bisnis yang merasa mulai sepi, beberapa hal yang menjadi penyebab usaha selalu gagal.
Tujuan Usaha yang Tidak Jelas
Hal ini umumnya terjadi pada orang yang baru pertama kali memutuskan untuk terjun ke dalam dunia usaha. Mereka cenderung hanya bermodalkan pengamatan terhadap peluang pasar namun tidak mempunyai visi dan misi usaha yang jelas.
Merintis usaha tanpa visi, misi, perencanaan serta tujuan yang jelas akan menyebabkan pemilik usaha dan karyawannya tidak memiliki fokus dalam menjalankan suatu usaha.
Visi dan misi usaha harus jelas dan dapat dipahami oleh semua elemen usaha tersebut mulai dari pemilik usaha hingga karyawan. Dengan kejelasan tersebut maka setiap orang yang tergabung dalam suatu usaha tersebut akan tahu apa yang harus dilakukannya untuk mencapai tujuan perusahaan.
Pasif
Sebagai seorang pengusaha sangat tidak disarankan untuk bersikap pasif. walaupun bermodalkan besar bukan berarti usaha kita akan kuat, kita harus aktif memperhatikan pasar dan konsumen, serta menjawab kebutuhan mereka.
Selain itu lakukan komunikasi dengan sesama para pengusaha ataupun kepada konsumen agar kita bisa mengetahui gejolak pasar setiap harinya.
Kekurangan Modal
Hal ini kerap dialami pengusaha saat tengah menjalankan bisnisnya. Modal awal mereka memang cukup untuk memulai suatu usaha, namun banyak pengusaha yang mengesampingkan modal saat usaha tengah berjalan. Banyak pengusaha yang terpaksa menutup usahanya karena kekurangan modal saat tengah menjalankan usahanya.
Hal ini dapat disebabkan oleh kurangnya kesabaran dalam memulai bisnis, sikap optimis yang berlebihan bahwa usaha akan dapat berjalan mulus tanpa kendala, serta perhitungan modal yang kurang teliti.
Sebelum memutuskan untuk memulai usaha ada baiknya para pengusaha untuk mengetahui sacara detail berapa modal yang mereka butuhkan. Hal ini mutlak diperlukan agar tidak mengalami kekurangan modal saat usaha tengah berjalan.
Produk yang Kurang Menjual
Produk yang akan ditawarkan kepada pembeli bukan merupakan produk yang hanya berdasarkan pada keinginan pribadi semata. Dalam mengembangkan usaha, seorang pengusaha harus mempunyai jiwa inovatif.
Berani berinovasi dalam artian mampu mengembangkan produknya sehingga memiliki nilai tambah, nilai jual dan juga manfaat yang lebih baik dibandingkan dengan produk yang sudah ada. []


Sumber : Akurat.co

Komentar