Indonesia Peringkat Berapa? Kategori 5 Negara dengan Angka Harapan Hidup Tertinggi

Suara Rakyat - Setiap negara berupaya keras memberikan kualitas hidup yang layak dan pelayanan kesehatan yang bagus untuk rakyatnya. Jika kedua hal ini bisa diterapkan dengan baik, rakyat di negara tersebut bisa hidup hingga usia yang cukup lanjut.
Ternyata, sejumlah negara memang punya rata-rata angka harapan hidup yang sangat tinggi. Bahkan, rakyatnya mampu bertahan hidup hingga lebih dari 80 tahun. Negara mana sajakah itu?
Dihimpun AKURAT.CO dari berbagai sumber, ini 5 negara dengan angka harapan hidup tertinggi.
Berada di puncak teratas, angka harapan hidup orang Hong Kong mencapai 85 tahun. Para prianya rata-rata mampu bertahan hingga usia 82 tahun, sedangkan wanita bisa sampai 88 tahun. Meski negara ini penuh gedung pencakar langit, tetap tersedia ruang terbuka hijau yang memadai untuk masyarakat.
Selain itu, rumah sakitnya mudah diakses dan berkualitas. Negara ini juga penuh restoran lokal yang menyediakan hidangan sehat nan lezat. Tak jauh dari hiruk-pikuk kota, terdapat pegunungan untuk didaki dan pantai untuk berenang. Hasilnya, warga Hong Kong paling panjang umur di dunia. 
2. Jepang
Rata-rata orang Jepang hidup hingga 84 tahun. Usia rata-rata untuk wanita bisa mencapai 87 tahun, sedangkan pria 81 tahun. Rupanya pola makan yang sehat jadi kunci utama warga Negeri Sakura bisa panjang umur. Mereka biasa makan ikan yang kaya omega-3, tahu, rumput laut, dan gurita yang bisa menurunkan risiko kanker dan penyumbatan jantung. 



3. Makau
Tak berbeda dari tetangganya Hong KongMakau juga punya angka harapan hidup yang sangat tinggi, yaitu 84 tahun. Rata-rata wanitanya bisa mencapai usia 87 tahun, sedangkan prianya mencapai 81 tahun. Negara ini memang terkenal sebagai pusat judinya. Namun, pemasukan yang besar dari kasino dikembalikan lagi ke masyarakat dalam bentuk program kesehatan dan kesejahteraan. 


4. Swiss
Di negara Eropa ini, angka harapan hidup rata-rata mencapai 84 tahun. Wanitanya rata-rata hidup hingga 86 tahun, sedangkan prianya rata-rata mencapai 82 tahun. Alasan utama warga Swiss bisa berumur panjang adalah kemapanan, kesadaran untuk hidup sehat, dan tercukupinya nutrisi, terutama dari konsumsi produk olahan susu. 



5. Spanyol
Tak terpaut jauh dari Swiss, Spanyol berada di urutan ke-5 dengan angka harapan hidup rata-rata 83 tahun. Wanitanya rata-rata mampu mencapai 86 tahun, sedangkan prianya mencapai 81 tahun. Negara ini punya iklim hangat yang nyaman untuk kehidupan warganya. Selain itu, orang Spanyol biasa menerapkan diet Mediterania yang bagus untuk kesehatan. Kebijakan kesejahteraan dan sosial dari pemerintah pun cukup kuat, terutama untuk lansia. 


Indonesia sendiri berada di peringkat 128 dengan rata-rata angka harapan hidup 71 tahun. Wanita di Tanah Air rata-rata mampu bertahan hingga usia 74 tahun, sedangkan prianya mencapai 69 tahun.

Sumber : Akurat.co

Komentar