Cobalah Mandi Air Hangat Tuk Cegah Luka dan Iritasi Setelah Mencukur Janggut dan Kumis

Suara Rakyat - Sebagai pria dewasa, pasti akan tumbuh rambut-rambut halus seperti kumis atau Janggut di area wajah. Dan mungkin sebagian dari Kamu ingin merawat dan menumbuhkan rambut halus tersebut, tapi ada juga yang ingin mencukurnya.
Bercukur merupakan cara untuk menjaga kebersihan wajah dan tubuh. Tidak hanya itu juga dapat menjaga penampilan. Tapi, kebiasaan mencukur bisa membuat permukaan wajah menjadi iritasi dan bahkan terluka karena goresan pisau yang tajam yang dapat mempengaruhi pertumbuhan rambut halus tersebut.
Nah, jika Kamu sering bercukur dan merawat bulu-Bulu Halus di area wajah, berikut ini seperti dilansir dari laman Times of India, Senin, (9/3), ada beberapa tips untuk menghindari terjadinya luka ketika mencukur.
Mandi Air Hangat
Mencukur menjadi sangat mudah setelah rambut dan kulit terasa lembut dan halus. Jadi, dengan mandi Air Hangat sebelum bercukur dapat membantu melembutkan kulit dan rambut dan dapat mengurangi risiko terluka.
Menggunakan sabun dan krim pencukur sebelum mencukur
Mencukur ketika permukaan wajah kering dapat meningkatkan risiko kulit menjadi iritasi. Jadi, gunakanlah sabun untuk mencuci wajah. Lalu setelah itu gunakan krim pencukur rambut, pijat dan oles pada bagian wajah dan leher. Setelah itu diamkan selama 1 hingga 2 menit. Kemudian, cukurlah dengan perlahan-lahan.
Sering mengganti pisau cukur
Pisau cukur harus diganti setiap saat. Karena, jika tidak akan menyebabkan gesekan pada kulit wajah yang mengakibatkan menjadi ruam dan luka kecil.
Cukur mengikuti pertumbuhan rambut
Rambut di berbagai area wajah Anda dapat tumbuh berbeda. Maka, jika ingin mencukur cobalah untuk mengikuti pola pertumbuhan rambut untuk menghindari luka dan iritasi.
Jangan terlalu menekan
Mencukur dengan terlalu menekan berisiko membuat kulit menjadi luka dan iritasi. Jadi, sebaiknya ketika mencukur harus dengan lembut dan perlahan-lahan mengikuti arah pertumbuhan rambut.
Bersihkan alat cukur
Biasakan untuk selalu membersihkan pencukur rambut setelahnya. Cuci satu hingga dua kali sampai benar-benar tidak ada rambut yang menempel di pisau cukur. Gunakan juga Air Hangat untuk membersihkannya, karena rambut yang masih menempel ternyata dapat menyebabkan luka ketika hendak mencukur. 

Komentar